Bikin Laptop kamu jadi Hotspot "jadi-jadian".

Mungkin ada yang belum tahu kalau fasilitas wifi di laptop kamu bisa digunakan sebagai wireless router untuk membuat hotspot walaupun sifatnya “jadi-jadian”. Memang jangkauan sih ga akan jauh-jauh amat, tapi pasti asik kalau bisa sharing internet connection dari laptop kita sama temen-temen jadi bisa browsing bareng-bareng. Apalagi kalau lagi nongkrong atau bengong nunggu sesuatu atau mungkin lagi meeting sama klien di tempat antah berantah dan ga ada fasilitas free hotspot.

Yang diperlukan cuma:

  • Laptop berwifi
  • Personal internet connection

Basicnya sih setting jaringan adhoc antara Laptop/PC kita (yang terkoneksi internet) dengan device-device ber-wifi lainnya. Keliatannya cocok nih buat sharing koneksi 3G, dari pada beli wireless router khusus 3G yang muahal buanget itu.

Minusnya lagi, metode sharing begini ga bisa dipake untuk sharing ke Blackberry ber-WiFi dan untuk nyambungin ke PSP. Tapi untuk PDA dengan basis Windows Mobile sudah berhasil. Kalau ada yang nemu cara nguliknya silahkan sharing tricknya ke saya *ngarep mode is on*

Ini ada video dari YouTube dimana dia nunjukin cara sharing dengan menggunakan Vista, Mac, dan XP. Selain video, ada juga nih tutorial dari Om Bill Gates mengenai setting Internet Connection Sharing (ICS) di XP, silahkan dibaca disini >>klik<<.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s