Review Album Muse – The Resistance // Versi Saya

The Resistance

Sebenarnya saya sudah lama ingin meReview album muse yang rilis resminya tgl 14 September 2009 ini, namun berhubung saya belum beli CD asli dan baru dapet album full nya (donlod di www.youtube.com)😀 saya baru bisa berikan sedikit ulasan saya tentang album ini. Hhe

Oke, mungkin album ini yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh para muser sejati (termasuk saya.. :D) karena album ini dibuat lumayan lama, dari rilis terakhirnya pada tahun 2006 yaitu album Blackholes And Revelations dan album ini rilis 3 tahun setelahnya yaitu tahun 2009. Album ini dinamai The Resistance, dengan 11 Track dan mereka produseri sendiri (mantap)!! Proses pembuatannya juga dilakukan di rumah matthew bellamy di daerah italia utara. Mungkin ada diantara temen-tmen yang pernah liat video making of nya uprising dimana mereka take suara sampe di dalem toilet segala.😀

Hmm.. baiklah.. mungkin saya akan mengulas album ini per track saja ya…hhe, biar gampang ceritanya:

  1. Uprising

    Track pembuka di album ini.. dengan suara bass chris yg berat dan anthemic drum nya dom mengawali masuk di album the resistance, sekilas suara synth nya mirip suara sci-fi yang memang Bellamy sangat suka dengan hal itu.😀 “They will not force us….” teriakan Matt ini seolah-olah mengintimidasi kita untuk masuk ke album ini. Oiya, lagu ini juga bernada politik dan ekonomi.. dimana membahas isu tentang resesi global perekonomian.

  2. Resistance

    Track ke 2, dan 1 menit awal dari track ini menurut saya suaranya sangat menyeramkan.. fade-in dengan suara synth gloomy nya. Hhihii, lalu masuk suara keyboard mirip musik house (hhehe) tapi ini track sekilas mirip band Queen (backvocalnya sih). Lagu ini merupakan cerita dari novel Orwell tahun 1984 yang menceritakan Winston dan Julia. (Samson n Delilah sih katanya…)

  3. Undisclosed Desire

    Ini nih track yg nyeleneh dari muse, tapi absolutely saya suka dengan lagu ini..😀, sekilas lagu ini mirip lagunya Timbaland dari pada muse. Wkwkwk.. tapi slap bass dan backing vocal chris disini patut diacungi jempol. Kayanya pake vocoder buat backing vocalnya.. dan drum di track ini kayanya di program (programmed drum) kaya musik-musik hip-hop.😀

  4. United States of Eurasia (+Collateral Damage)

    Lagu yang terinspirasi dari musik-musik Queen, diawali dengan piano matt dan string orkestranya. Lalu ditengah-tengah muncul breakdown arabic yg lumayan menakutkan menurut saya..😀 dan di akhir lagu ini terdapat Chopin’s “Nocturne in E flat major, Op. 9, No. 2, di lagu ini matthew serasa menjadi Freddy Mercury+Brian May dimana main piano+vocal nya yg dahsyat!!!

  5. Guiding Light

    Lagu Athemic lainnya dari muse, sekilas mirip lagu-lagunya kristiani.. hhe, tapi solo+soundnya gitar matthew bellamy disini dahsyat bos. Kayanya lanjutan daru lagu the invincible dgn bass staccato dan chord gitarnya juga rada-rada mirip.😀

  6. Unnatural Selection

    Diawali dengan suara church organ (kaya di geraja uy..) yang diikuti suara riff gitar bellamy yg berat.. dan ditengah2 terdapat breakdown yg misterius menurut saya..😀 dan lagu ini stylenya sedikit mirip newborn/futurism. Lalu di akhir lagunya teredengar outro yg metal sekali..

  7. MK Ultra

    Sound gitarnya sangat saya suka disini, awal lagu dengan suara synth dan lead nya, Lagu ini juga bernada Politik, dimana judul dari lagu ini merupakan Code Project dari CIA tentang pemakaian obat yang bertujuan untuk menginterogasi dan pengaturan pikiran (mind control).

  8. I Belong To You (+Mon Coeur S’Ouvre À Ta Voix)

    Satu dari beberapa lagu di album ini yang menggunakan piano heavy track dimana dalam livenya matt sangat sibuk dalam main piano. Seperti dalam United States of Eurasia, lagu ini juga terdapat interlude dan di lagu ini interlude nya menampilkan matt menyanyi dalam bahasa prancis lalu dalam lagu ini juga terdapat track solo clarinet sebelum track berakhir.

9,10,11. Exogenesis :: Symphony

Dan inilah track yang paling ditunggu oleh saya (mungkin muser juga sama kali yah…?? )😀, sebuah masterpiece !!

Part I (Overture)

Orkestra nya mirip di film-film box office, menyeramkan dengan suara string appregios nya.. lalu drum dom masuk disertai suara khas matthew bellamy (kaya yang mau nangis)😀 dan selalu solo gitarnya dengan sound yg berat seakan-akan menjadi pembuka untuk section selanjutnya…

Part II (Cross-Pollination)

Masuk ke section 2, diawali piano matt berstyle Rachmaninov dan diiringi dengan suara violin dan choir, dan breakdown dengan heavy bass+drum membuat outro lagu ini sangat cantik..

Part III (Redemption)

Diawali dengan piano musik klasik yang lambat (jujur.. ngantuk ngedengernya saya..)😀 dan disesaki suara string yang mengharukan menurut saya,, dan setelah 2 menit bagian mellow nya terasa.. (asa ngapung uy) hha. Dan outro lagu ini sama style nya seperti di intro lagu ini.

Untuk lirik lagunya, seperti biasa.. frontman muse yaitu Matthew Bellamy yang menulisnya (mantap ieu juragan)..😀 bahkan hampir semua lagu di album ini semua diaransemen olehnya. Four thumbs up dah… Lanjutgan!!!

6 pemikiran pada “Review Album Muse – The Resistance // Versi Saya

  1. I’m just doing blogwalking and find yours, I like ‘uprising’ from this album,
    “They’ll try to, push drugs that keep us all dumbed down and hope that, we will never see the truth around”
    isn’t it so real??
    muse is always great🙂

    • Thanks wida for visiting to my blog.🙂
      Yes, as all we knew muse is always bring the politics to their lyrics. and hope to “changes the world” with their music.
      I recommend you to listen the whole of this album.. because, it’s can be interesting!😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s