Mengoptimalkan Kinerja Windows 7 Anda

fb
w7
Seberapapun bagusnya Spesifikasi Laptop/Desktop yang anda punya, kinerjanya tidak akan selalu sebagus saat anda pertama kali membelinya bahkan kinerjanya akan cenderung terus menurun sejalan dengan anda menginstall lusinan aplikasi lalu menambahkan anti virus/anti spyware dan mendonwnload junk file yang tak terhitung dari internet.

Oke, apapun penyebabnya, ada banyak cara untuk membantu mempercepat Windows dan membuat PC anda bekerja lebih baik-bahkan tanpa upgrade hardware anda. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengoptimalkan Windows 7 untuk kinerja lebih cepat.

  • Mencoba Performance Troubleshooter

Hal pertama yang anda lakukan adalah menggunakan performance toubleshooter, dimana fitur ini dapat dengan otomatis mencari dan memperbaiki masalah yang ada, dan yang menyebabkan performa komputer menurun, seperti adanya beberapa program yang sama yang berjalan bersamaan.

Untuk mengakses fitur ini tekan tombol Start Picture of the Start button,   dan click Control Panel. Lalu di search box, ketik troubleshooter, dan tinggal klik  Troubleshooting.  Pada System and Security, klik Check for performance issues.

  • Uninstall/Delete Aplikasi yang tidak anda pakai

Mungkin banyak aplikasi yang telah anda install dan hanya bersifat demo dan trial saja dan sering tidak digunakan. Nah, alangkah baiknya bila Aplikasi semacam itu di Uninstall saja karena hanya menambah beban untuk PC anda disamping menghabiskan ruang kosong Harddisk anda.

  • Membatasi sebarapa banyak program yang dijalankan saat Start up

Banyak sekali aplikasi yang didesain untuk start secara otomatis ketika windows dihidupkan. Para pembuat software sering juga mengeset Aplikasi mereka supaya berjalan pd background sehingga tidak terlihat oleh user, hal ini bagus apabila pada pemakaian terhadap banyak aplikasi yg akan digunakan. Tetapi apabila banyak program yang running tapi jarang atau tidak pernah digunakan maka hanya akan membebani memory saja dan dampaknya akan mengurangi kinerja komputer anda.

Jadi pilihlah secara bijak Aplikasi apa saja yang akan dijalankan saat Start Up.

Lalu untuk mengeset Aplikasi apa saja yang running pas start up, anda bisa gunakan AutoRun For Windows yang bisa anda unduh disini.

Sebagian orang memilih untuk mengelola program-program yang dijalankan saat startup dengan menggunakan System Configuration Tool.

  • Men Defrag Harddisk anda

Fragmentasi pada harddisk membuat harddisk bekerja extra. Dimana dampaknya akan membuat kinerja komputer menjadi berkurang, Fitur Disk Defragmenter akan menyusun ulang fragmentasi pada Harddisk dan akan membuat Harddisk bekerja secara optimal dan efisien.

  • Clean Up Harddisk anda

File yang tidak diperlukan banyak memakan ruang harddisk anda dan membuat kinerja komputer menjadi berkurang, lakukan lah Clean Up secara berkala untuk menghapus Temporary Files dan Unnecessary Files di Harddisk anda.

  • Mematikan Visual Effects

Jika Windows berjalan lambat, Anda dapat mempercepatnya dengan menonaktifkan sebagian dari efek visual.

Untuk menyesuaikan semua efek visual untuk performa terbaik:
  1. Buka Performance Information and Tools dgn mengklik tombol Start Picture of the Start button,  dan klik  Control Panel. di dalam search box, ketik Performance Information and Tools,dan setelah itu klik Performance Information and Tools.
  2. Klik Adjust visual effects. Administrator permission required Jika anda diminta password administrator, maka anda isikan saja passwordnya.
  3. Klik tab Visual Effects, klik Adjust for best performance, dan tinggal Klik OK. (Untuk perubahan yang tidak begitu signifikan, cukup pilih Let Windows choose what’s best for my computer)
  • Scanning Virus atau Spyware

Apabila PC anda terasa kurang optimal dimungkinkan adanya virus atau spyware yang beroperasi di memory, maka langkah yang tepat adalah scan komputer anda dengan antivrus favorit anda dan cek apabila komputernya terinfeksi virus atau spyware.

  • Cek Kecepatan(Skor) Komputer

Pada Vista atau 7 ada fitur Benchmark atau penilaian terhadap Komputer anda dimana terdapat lima komponen  yang dinilai dan diberi bobot tiap komponen. Pada dasarnya nilai berkisar antara 1 – 7.9 dan jika PC anda mempunyai skor dibawah 2 atau 3, maka anda bisa memperhitungkan untuk mengupgrape komputer anda.

  • Mendisable Service yang tidak anda butuhkan

Ini adalah yang paling riskan secara teknis dari semua tips ini. Jika Anda tidak begitu mengerti dan tidak mau kestabilan sistem komputer terganggu, anda dapat melewati yang satu ini.😀

Sebenarnya masih banyak cara untuk mengoptimalkan Windows 7, tetapi berhubung saya tidak mungkin mengungkapkan semuanya disini, ya cukup segini saja. Semoga bermanfaat.😀

Info Lengkap : Microsoft

7 pemikiran pada “Mengoptimalkan Kinerja Windows 7 Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s