Review Aplikasi Twitter Client untuk berbagai Device

fb
td
Mungkin sudah pada bosan kali ya.. membahas twitter lagi-twitter lagi🙂 Memang sih, Microblogging yang satu ini semakin populer dan semakin melejit dengan berjuta penggunanya. Kita harus akui bahwa twitter banyak sekali manfaatnya, dari mulai microblogging secara real-time, penyebaran informasi yg sangat cepat, sampai pada brand monitoring.

Tetapi dibalik semua manfaat dari twitter, saya sangat kurang suka terhadap tampilan webnya sendiri😀. Sudah pada tau kan pas twitter di luncurkan, di situs nya tidak ada fasilitas untuk me Refresh tweet secata otomatis. Bahkan yang saya temui fitur dari web ini hanyalah mesin pencari saja.🙂 Jujur saja, saya pun sempat beralih ke Plurk yang notabene mempunyai tampilan yang lumayan komunikatif, menarik dan banyak dijejali dengan berbagai fitur.

Twitter ini sangatlah tergantung terhadap Para Aplikasi pendukungnya, karena bila dilihat di Alexa twitter masih berada di urutan bongsor dan hal ini membuktikan bahwa orang prefer mengakses twitter lewat aplikasi pendukungnya daripada langsung mengunjungi websitenya.😀

Nah, pada tulisan ini saya akan sedikit memberikan review beberapa aplikasi pendukung twitter yang sering dipakai dan mungkin paling bagus pada macam-macam device.

PC (Windows+MAC)

Tweetdeck (Meskipun masih Beta) merupakan aplikasi yang sangat powerfull untuk digunakan, dan menurut pengalaman saya (karena saya juga pake) tweetdeck sangat mudah dan mempunyai tampilan yang user friendly dimana fitur-fiturnya banya sekali, diantaranya yaitu upload foto, shortlink otomatis, lalu mengatur conversations dengan replies dan DM sehingga anda tidak akan bingung dengan timeline anda, dll. Di tweetdeck ini juga kita bisa mengakses Akun Facebook+myspace kita dan versi terbarunya anda bisa mengatur akun Linkedin pd aplikasi ini. Tweetdeck ini memerlukan adobe AIR untuk bisa di install dan apilkasi ini ukurannya tidak lebih dari 3MB.

Aplikasi lainnya :
Seesmic (dulunya hanya untuk MAC, tapi sekarang tersedia untuk Windows tapi masih belum optimal, tersedia seesmic webnya juga).
Digsby (Multiple IM)

Mobile Phones (Java)
Untuk saat ini, saya belum menemukan satu pun aplikasi yang sangat powerfull untuk java phones, sehingga saat ini saya akan membahas aplikasi yang mungkin bisa anda pertimbangakan untuk digunakan.

Twibbel, aplikasi buatan Spider Labs GmbH yang berukuran 338KB ini memang tidak gratis untuk versi fullnya, tapi kita bisa memakai yg versi free tapi dengan fitur yang terbatas, seperti jumlah tweet yg hanya bisa kita lihat hanyalah sepuluh buah😀
Sebenarnya twibbel dikhususkan untuk Nokia N95, tapi bisa berjalan baik pada seluruh handphone berplatform Java.
Fasilitasnya juga lengkap, diantaranya Upload foto, Update Lokasi (GPS) dan fasilitas standar dr twitter lainnya.

Aplikasi lainnya :
Twittai,Snaptu
dabr, ini sebenarnya website mobile, tapi menurut saya lebih baik dari pada m.twitter.com, karena disini bisa sampai mengupload foto.

Blackberry

Untuk device ini, saya menganjurkan memakai UberTwitter. karena fiturnya sangat lengkap dan mudah digunakan, dari mulai upload foto, attach video dll, bisa dilihat di websitenya langsung. dan lagi-lagi ini tidak gratis bila ingin mendapatkan full versionnya. Oya, sekarang UberTwitter sudah mencapai Beta-5 yang mungkin banyak perbaikan bugs-bugs terdahulunya.

Aplikasi Lain :
TwitterBerry, aplikasi resmi dari blackberry yg khusus dibuat bagi pengguna twitter pada blackberry.

iPhone
Sebenarnya banyak sekali aplikasi powerfull untuk smartphone yang satu ini, tapi saya memilih tweetie-lah aplikasi yang menurut saya bisa anda gunakan bagi iPhone anda. Tweetie mempunyai hampir seluruh fitur yang anda inginkan, dari multiple account sampai tata letak keyboardnya yg landscape serta aplikasi ini dibungkus dengan desain User Interface yang stylish dan friendly sehingga mudah untuk digunakan. Kekurangannya hanya pada cache tweet nya, dimana tweetie tidak mempunyai itu, sehingga anda akan kehilangan list tweet apabila anda keluar dari aplikasi tersebut.

Dan sekali lagi ini juga tidak gratis, karena aplikasi ini berbandrol sekitar $3, tapi kalau anda ingin yang gratis bisa coba pake Twittelator yang merupakan versi gratisnya dari Twittelator Pro yang berbandrol sekitar $5.

Android??

Apabila anda punya pendapat lain, silahkan tuangkan dalam kolom komentar.

5 pemikiran pada “Review Aplikasi Twitter Client untuk berbagai Device

  1. Ping balik: Sony Ericsson W660i saya?Apa hebatnya? « Seuntai Catatan Saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s