Facebook Application Tutorial I : Kirim notifikasi setelah meng-invite.

fb

Setelah berhibernasi menulis disini, akhirnya sekarang bisa (ada ide) untuk menuangkan beberapa pengetahuan saya (yang mungkin ngga penting bgt)..๐Ÿ˜€

Okeh, pertama-tama saya ucapkan selamat hari minggu pagi untuk semuanya! it’s weekend time..!!

hmm..
Apa sih maksud judul postingan tadi di atas?


Jadi begini, terkadang para developer atau para pembuat aplikasi di facebook sangat ingin kalau aplikasinya bisa terkenal dan banyak digunakan oleh para facebooker, seperti aplikasi semacam Perekomendasi Film, promosi dikit.๐Ÿ˜€
Nah biasanya si developer aplikasi sering menyuruh para penggunanya untuk mengundang teman2nya dalam menggunakan aplikasinya, tetapi secara defaultnya dari facebook, invitation tidak memberikan notif bagi yang diundang sehingga kadang undangannya pun tidak cepat direspon bahkan diabaikan begitu saja. Kalau sudah begitu, marketing kita gagal tuh dalam aplikasi tersebut. hehe..
Tapi dengan sedikit trik, kita bisa membuat notif kepada yang diundang ketika ada yang menggunakan fasilitas invitation di aplikasi kita..๐Ÿ™‚

Baiklah, saya asumsikan saja anda sudah mengerti tentang bagaimana langkah awal dalam membangun aplikasi di facebook. (soalnya kepanjangan kalau di bahas).๐Ÿ˜€
Pertama-tama anda buat halaman invitation (invitation.php).

<?php

require_once ‘appinclude.php’;

$inviteContent = htmlentities(‘<fb:name uid=”‘ . $user . ‘” firstnameonly=”true” shownetwork=”false”/> Has invites you to use the Movie Friends application!’);

$inviteContent .= htmlentities(‘<fb:req-choice url=”index.php” label=”Get Recommendation Movie!” />’);

?>

<fb:request-form

action=”index.php” //callbackurl

method=”post”

invite=”true”

type=”Movie Friends!”

content=”<?php echo $inviteContent?>”> //isi dari invitation

<fb:multi-friend-selector actiontext=”Invite your friends!” />

</fb:request-form>

dari script diatas, kesimpulannya yaitu setelah invitation di eksekusi, maka si user akan mengarah ke halaman index.php.
sekarang perhatikan keterangan ini :
post

disana, pas FBML fb:request-form dirender dan dieksekusi, maka dia juga mengirimkan variable ids (user yang telah di-invite) ke halaman selanjutnya (index.php), maka kita tinggal mudah mengiirim notifikasi kepada user tersebut dengan menambahkan sedikit kode pada halaman index.php :

if(!empty($_REQUEST[‘ids’])) {

$uids = isset($_REQUEST[‘ids’]) ? $_REQUEST[‘ids’] : “”;

try{

if (!empty($uids))

$facebook->api_client->notifications_send($uids,’: Get your right movies with <a href=”http://apps.facebook.com/laptopsaya/index.php”>Movie Friends</a>, it\’s Awesome..!’,’user_to_user’);

} catch(Exception $o){

print_r($o);

}

}

Setelah kita masuk ke halaman index.php tersebut, maka akan otomatis mengirim kan notifikasi kepada user yang telah diinvite tadi.๐Ÿ˜€

Okehh.. mudah2an dimengerti ya!!selamat mencoba..

dan jangan lupa kunjungi aplikasi sponsor kami : Movie Friends

9 pemikiran pada “Facebook Application Tutorial I : Kirim notifikasi setelah meng-invite.

    • Iyah om, sorry nih..kadang suka error. masih dlm thp improvement. oya, btw tdi aplikasinya emang lagi sandbox mode (cuman developer yg bisa ngakses).๐Ÿ˜€
      Baca aja wiki developernya, semuanya ada disana.๐Ÿ˜€ Tpi, kalo misalnya ada masalah, kita bisa share disini.๐Ÿ™‚

  1. maap numpang nya, klo utk require_once โ€˜appinclude.phpโ€™; kira2 bisa di donlot di mana ya?

    thx b4

    • Hmm, itu sih file yang isinya kofigurasi aja.
      isinya biasanya kaya gini :

      require_once '../facebook-platform/php/facebook.php';

      /*isi dgn apikey dan secretkey anda. */
      $appapikey = ‘379bb6683a85e3db0a72d786b5f9ae70’;
      $appsecret = ‘f263ffb3cbb330125a85b7a4f71a8f40’;
      /*alamat callback url anda */
      $appcallbackurl = ‘http://www.machinetik.web.id/apps/fb_app/’;

      $facebook = new Facebook($appapikey,$appsecret);
      $user = $facebook->require_login();

    • oiya, itu udah deprecated gan methodnya.. jd skg udah ngga bisa dipake.
      Btw, ayo gan jangan hanya bikin aplikasi update status doang gan.. Hueheheh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s