ber-Social Network? how it should be.

fb

Image
Setelah beberapa hari kemarin ramai diberitakan tentang penyalahgunaan internet terutama social media oleh orang-orang yang ‘belum siap menerima perubahan jaman’, hari selasa lalu kompas cetak menerbitkan sebuah artikel tentang bahyanya internet terhadap anak. Lalu ada artikel dari Seputar Indonesia tentang penculikan seorang anak akibat facebook. Internet, sebuah teknologi yang seperti teknologi lainnya dapat membawa dampak positif maupun sebaliknya terhadap kehidupan manusia. Lalu kenapa saya menyebut oknum tersebut dengan istilah ‘orang yang belum siap menerima perubahan jaman’? Ya, karena menurut saya mereka terlalu pagi untuk menerima sebuah era berkomunikasi terbaru yang sagat fenomenal ini (social networking).
Pikiran mereka bahwa eksis di ranah daring merupakan hal yang sangat menyenangkan dan serasa kita paling gaul dalam hal teknologi tanpa memikirkan dampak negatifnya..

being a popular it’s very cool?

Oke…Tapi tahukah anda bahwa semakin banyak yang “mengenal” kita di dunia internet maka semakin besar pula potensi ancaman bahaya kapada kita.

Mungkin ada beberapa tips yang bisa disampaikan lewat post ini bagaimana kita mengurangi potensi ancaman berbahaya terhadap kita seiring popularnya kita di jagad socialnetworking.

  • Facebook, atur data pribadi anda seperti apa saja yang bisa dilihat oleh teman kita, atau yang bukan teman kita.
  • Lantas jangan asal menyetujui orang yang tidak kita kenal untuk menjadi Teman kita apalagi orang-orang Alay.😀 karena bila sudah menjadi teman kita, orang tersebut bisa mengetahui semua informasi profil kita dan mengetahui apa saja yang kita lakukan di ranah maya.
  • Jangan sekali-kali menaruh data sangat pribadi di facebook. Seperti Alamat-rumah, Telp Rumah dan semua yang dapat memudahkan orang dalam mencari kita. Tetapi kalau misalnya urusan bisnis atau lainnya kita dapat mencantumkan nomor khusus ponsel kita.
  • Blunder paling bodoh, jangan menaruh Foto-Video yang sangat pribadi di facebook, Blog, atau dimanapun! karena penyebarannya sangat tidak terkendali.🙂
  • Twitter, ini juga public domain… pintar-pintarlah dalam memilah apa yang perlu kita sampaikan disini. Jangan sampai hal-hal yang pribadi dan tidak penting bagi orang lain anda tumpahkan disini apalagi anda mencurahkan hal-hal yang dapat mencemarkan atau merugikan orang lain, bisa berabe urusannya.
  • Masih di twitter, kalau perlu protect twitter anda agar orang2 yang ngga memfollow kita tidak bisa melihat tweet-tweet kita.
  • Blogging, memang menyenangkan karena bisa curhat semaunya tanpa ada yang melarang… tapi jangan pernah mengungkapkan hal paling pribadi anda disini. Biasanya orang salah kaprah dlm menggunakan blog, misalnya ada suatu hal yang tidak mau diceritakan kepada orang lain malah dia ceritakan di blognya, dan apa yang dia dapat? bukannya kerahasiaan tapi samua orang bisa tau cerita dia.
  • Password, usahakan anda tidak memakai password yang sama di setiap akun anda. karena bila terjadi satu kebocoran.. maka semuanya kena. Upsss.
  • Di akun email anda, Pastikan gunakan “Secret Question” (biasanya untuk mereset password) yang hanya anda tau jawabannya. Misalnya, “apa cita-cita saya waktu SD?”.. atau apalah yang kira-kira hanya anda yang tau jawabannya.🙂
  • Hati-hati terhadap phising seperti fake login, bila anda masuk facebook terus teman memberikan link dan disuruh login lagi padahal kita belum logout. Jangan sampat terperangkap ya. Apabila sudah terjadi segera ganti password anda.
  • Chatting, jangan mengumbar profil pribadi anda karena siapa tahu yang lagi chat dengan kita itu agen FBI yang lagi memata-matai kita… hahaha. Pokoknya jgn sampai kita memberikan itu.😀

Semoga membantu.. Anda punya komentar lain?silahkan tuangkan di kolom komentar dibawah.
bisa membaca hal terkait juga disini.

and thanks to Media ide.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s