Electronic Commerce

fb

img

Tahun 2010, saya kira saatnya perusahaan-perusahaan menengah untuk melebarkan sayapnya keranah yang lebih luas (cyber absolutely) dimana pasar yang mereka capai tidak hanya lingkup itu-itu saja karena kita ketahui bahwa memang salah satu kendala dari para pemain di kalangan menengah adalah susahnya memperkenalkan produk mereka ke pasaran luas.
Lalu, adakah memang cara yang pas bagi mereka untuk melakukan hal tersebut?

E-Commerce.
Sebenarnya apakah e-commerce itu?

E-Commerce adalah strategi penjualan yang memanfaatkan internet sebagai ujung tombaknya.

Nah, dari namanya saja sudah e-commerce (perdagangan elektronik) jadi bisa dikatakan tanpa kehadiran internet strategi ini tidak pernah ada dan dikenal.

E-Commerce juga bukan bicara mengenai hanya memeiliki website atau situs perusahaan saja. Banyak perusahaan memiliki website tetapi website mereka hanya difungsikan sebagai “kartu nama saja” dimana hanya tempat memajang dan sebagai galeri saja (worthless banget). Didesain sedemikian bagus dan mahal tapi tidak ada unsur penjualan, dan rata-rata isinya hanya profile perusahaan dan info dari produk yang perusahaan jual.

Lantas mengapa dikatakan tanpa ada unsur penjualan? Pertama tidak ada produk yang ditawarkan. Kedua, meskipun ada tetapi tidak dicantumkan harganya sehingga orang jadi bingung harus bagaimana jika ingin membeli. Ketiga, tidak ada form feedback langsung jika konsumen atau calon konsumen yang mengunjungi situs tersebut ingin melakukan pembelian. Jadi secara sederhananya kalau orang ingin membeli langsung dari depan layar komputer tidak akan pernah bisa.

Oleh sebab itu, sekarang para pengusaha harus bisa menggunakan E-Commerce ini, karena sekarang dampaknya sangat besar untuk kemjuan perusahaan dalam memasarkan produk-produknya ke konsumen maupun calon konsumen. Lalu, hal-hal positif yang bisa dipertimbangkan dari e-commerce ini diantaranya adalah :

  • Jangkauan Luas, dimana tidak ada batasan tempat untuk kita memperkenalkan produk kita dan menjualnya selama disana ada koneksi internet. Bisa dibayangkan kalau kita memasarkan produk kita dengan harus membuka Branch kita. Sungguh repot dan memakan biaya.
  • Murah, tentu saja bahkan bisa gratis sama sekali kalau kita pintar memanfaatkan teknologi sekarang. Misalnya Social Networking yaitu Facebook, sekarang banyak perusahaan yang menggunakan media facebook sebagai ranah daring konsumen mereka.
  • Online 24 Hours. Yup, bayangkan denga toko yang ada waktu buka dan tutupnya. Kalau lewat e-commerce kita tidak mengenal waktu karena sistem jualan kita akan selalu ada selama 24jam sehari dan 7hari seminggu.

Mungkin sebenarnya masih banyak lagi keuntungan dari ecommerce. Tapi, sebagai contoh bisa kita lihat seperti bhinneka.com atau di tokopedia.com, disana mereka berdagang secara elektronik dan asal tau di tokopedia hanya beberapa bulan saja sudah bisa menghasilkan transaksi sampai ratusan juta. Begitu menggiurkan bukan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s