Wimax makin hot di Tasikmalaya

Sekitar 1 bulan yang lalu, saya membaca sebuah berita tentang akan hadirnya infrasturktur WiMAX di kota Kelahiran saya, Tasikmalaya, Hore! Mungkin dengan hal tersebut tidak lama lagi kota Tasikmalaya bisa jadi the real cyber city.😀

wimax

Berlokasi di Bale Panghegar Hotel Mandalawangi, dengan Starcom solusindo sebagai penyelenggara, dilakukan acara Launching WiMAX yang dihadiri oleh jajaran pemerintah kota Tasikmalaya beserta Undangan lainnya. Pada acara yang dihadiri oleh Direktur Standarisasi dan Audit Aplikasi Telematika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ir Woro Indah Widiastuti, diungkapkan juga bahwa kota Tasikmalaya lah yang mendapat kesempatan pertama mencicipi teknologi ini.🙂

Sungguh luar biasa, emang gimana sih WiMAX itu?
WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) merupakan suatu teknologi telekomunikasi tanpa kabel yang mempunyai jangkauan sangat luas dan transfer data yang tinggi.

Lantas, berapa jauh jangkauan dan transfer data maksimumnya?
Kurang lebih (tergantung faktor-faktor yang mempengaruhi juga) jarak yang mampu diraih oleh teknologi ini adalah 5km-8km, dengan downlink max sampai 144 Mbps (WiMAX 802.16-2004), sedangkan untuk uplink mencapai 35Mbps. Bila dihitung-hitung, 144Mbps/8= 18 MBps, jadi misal kita mau donlod film yang ukurannya 400MB kita hanya memerlukan sekitar 25 Detik saja!! Hahaha… tapi itu hanya berandai-andai ya…

Terus, Bedanya sama Wi-Fi apa?
Yang membedakan WiMAX dengan Wi-Fi adalah standar teknis yang bergabung di dalamnya. Jika WiFi menggabungkan standar IEEE 802.11 dengan ETSI (European Telecommunications Standards Intitute) HiperLAN sebagai standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN, sedangkan WiMAX merupakan penggabungan antara standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN.

Hmm.. Terakhir,apa saja perangkat WiMAX ini?
Umumnya, infrastrukturnya terdiri dari BS (Base Station) di sisi pusat dan CPE (Customer Premises Equipment) di sisi end-user (pelanggan). Namun demikian masih ada perangkat tambahan seperti antena, kabel dan asesoris lainnya. Jadi, untuk disimpan di pusat ada yang namanya BS, kalau untuk cellular mah BTS nya lah…😀 dan terdiri dari beberapa komponen seperti antena, NPU (networking processing unit card), AU (access unit card), PIU (power interface unit), AVU (air ventilation unit) dan PSU (power supply unit).

bs

Nah, untuk sisi pelanggan digunakan Subscriber Station atau CPE yang terdiri dari dua komponen yaitu Outdoor Unit (ODU) dan Indoor Unit (IDU), perangkat radionya ada yang terpisah dan ada yang terintegrasi dengan antena.

Sudah terbayangkan teknologinya kaya gimana, mudah-mudahan teknologi ini bisa dirasakan oleh masyarakat Tasikmalaya secepatnya dan berharap sekali untuk biayanya bisa semurah mungkin. Kan percuma juga ada teknologi ini tapi cost yang harus dikeluarkan sangat mahal, jadi ngga maksimal deh pemanfaatnya gara-gara ngga mampu buat langganan😀

Hmm, berniat ingin berlangganan teknologi ini?
Sebenarnya saya juga belum tau harus kemana kalau mau berlangganan teknologi ini.😀 Ada yang tau??

#UPDATE

Setelah saya megirim email ke penyedia layananya, bisa dipastikan untuk menikmati layanan ini anda harus merogoh kocek yang lumayan dalam!

Tipe Shared (IP-nya rame-rame😀 )
Share

dan untuk yang tipe dedicated
dedicated

sumber : http://wimax.adaditasik.com/index.php

Mendingan speedol deh, lagian masih kenceng kalo di tasik mah.. hahhha.. bila dibandingkan, yang 384kbps paling bayar tidak lebih dari 150rb (paket promosi buat PNS).😀 Atau kalau ngga semar aja, katanya Tasik juga sudah kena EVDO-Rev A, bayar 140Rb udah dapet 3.1Mbps and unlimited tentunya. CMIIW.

15 pemikiran pada “Wimax makin hot di Tasikmalaya

  1. Ping balik: Tweets that mention Wimax makin hot di Tasikmalaya « Seuntai Catatan Saya -- Topsy.com
  2. Kalo mau berlangganan bisa menghubungi kami nanti kami hubungkan dengan marketing kami.
    atau telp di 081375743909

  3. sekedar menanggapi saja pernyataan diatas, memang kalo kita membandingkan langsung antara layanan WiMAX dengan Sp**dy tentunya akan terlihat sangat jauh perbedaannya, hadirnya WiMAX bukan untuk bersaing dengan Sp**dy tetapi untuk saling melengkapi, tujuan kita bersama adalah Tasik Cyber City bukan? Teknologi WiMAX bisa dijadikan suatu pilihan utama apabila memang layanan Sp**dy yang selama ini jadi idola anda-anda sekalian tidak bisa memberikan layanannya dikarenakan tidak adanya infrastruktur jaringan kabel telepon atau jaringannya tidak mendukung, WiMAX bisa mengakomodir hal itu karena sistem yang digunakan Wireless, dengan solusi yang ditawarkan saya rasa harga menjadi problem ke sekian, so… apakah dilihat dari solusi yang ditawarkan harganya masih mahal?
    FYI, Manonjaya sudah tercover oleh layanan WiMAX dengan BS yang berada di Kota Tasikmalaya (jarak udara -/+ 10 KM), oh iya… jika berlangganan maka perangkat dikasih pinjam secara cuma-cuma, artinya jika perangkat CPE rusak terkena petir, tinggal telepon trus langsung diganti dech, tanpa mengeluarkan uang lagi sepeser pun… beda sama modem yg kena petirnya, harus beli lagi, hehehe…

    • Lantas, terget market dari wimax ini yang mana?orang-orang yang tidak punya telepon rumah atau terjangkau infrastruktur telepon? Kalo iya, saya kira kita sudah pasti tau.. skg jaringan telepon hampir 90% sudah terjangkau ke seluruh kota tasikmalaya.
      Terus, konsumen skg udah pada pintar kok, mana yang menurut mereka worth buat mereka berlangganan. Termasuk modem yang katanya cuma-cuma, atau malahan nyatanya kita bayar itu modem beserta tagihan perbulan kita dan lebih mahal. Hihi..
      Saya juga tahu, kalau teknologi baru pasti mahal…dan seharusnya juga, wimax dgn segitu mahalnya harus punya nilai lebih dari yang lain. Misalnya SLA (Service Level Agreement) nya bisa minimal 99,9%! Terus, layanan 24 Jam dalam Seminggu, dll. sehingga konsumer pun puas..😀

  4. emang kita begitu boss…
    pasang dulu deh trus rasain perbedaannya…
    @TS
    maaf topologinya salah tuh kk…
    ^_^

  5. haduuu saya takut salah ngomong ahh gan klo msalah itu saya takut salah ngomong ahh gan…
    maklum soalnya teknisi newbie ^_^…
    klo kita dari sektoral ke bs tu gk pake pigtail gan,,
    pake cable feeder…

    • Thx info nya, mungkin pas implementasi, gambaran umum diatas bisa berbeda.🙂
      saya jugan bukan siapa2 ko kk. sy hanya org awam.

      • kebetulan sekarang lg TA masalh ini, dan di palembang sendiri teknologi WiMAX blm beroperasi itu jg blm tau kpn..
        Boleh ni kalau mau ngasih masukkan…
        soalnya lagi puyeng..
        Ada yang tau referensi yang lengkap mengenai WiMAX?
        terima kasih

        • Permasalahan yang akan dibahasnya apa mas?Infrasturkturnya?
          Untuk referensi, coba cari aja di IEEE atau Springerlink paper-paper yang membahas tentang WiMax, disana banyak kok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s