Media Center dengan Raspberry Pi

Tulisan ini sebenarnya udah lama jadi draft, mungkin setiap pas saya mau nulis, seketika itu juga pada ilang semua idenya. hihi Jadi ditulisan ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang bagaimana pengutilisasian raspberry-pi sebagai Media Center. Oke, ide ini muncul ketika mencari tau bagaimana caranya agar saya bisa betah diem di kamar, sambil nonton film dengan experience yang berbeda. Pengennya sih beli AppleTV, tapi oh no mahal sekali. Maka harus cari alternatif…

Saat itu saya ada beberapa device yang mungkin menurut saya bisa diintegrasikan dan menghasilkan suatu entertainment system yg kece, hmm.. device-device-nya adalah :

  1. HDTV Samsung 22″
  2. Speaker 2.1 Edifier (Lupa tipenya)
  3. Raspberry Pi Rev. B
  4. Printer Canon IP2770
  5. TPLink USB Modem Router
  6. Macbook Pro
  7. iPhone 3Gs

Yang pertama saya lakukan adalah menginstall pi saya dengan Raspbmc. Raspbmc merupakan software media center yang sangat komplit, porting dari XMBC. Bisa memproses hampir seluruh tipe file media dari baik foto, video maupun audio. Tersedia banyak plug-in untuk software ini, seperti plug-in untuk mencari poster atau fan-art dari suatu film/album, kemudian plug-in untuk pencarian subtitle, rating, review dan apapun tentang film atau serial. Yang ngga kalah menakjubkan lagi adalah banyak themes yang bisa dipakai sehingga membuat exprience media player semakin waah… Bisa juga streaming NetFlix atau Hulu, hampir komplit deh plug in-nya.

Setelah selesai install, ternyata software ini butuh remote control, soalnya ngga lucu juga mesti colok keyboard dan mouse ke si pi kalau mau pindah-pindah menu. Maka digunakanlah iPhone yang utk jadiin remote. Aplikasi remote untuk raspbmc sudah tersedia di appstore dengan nama aplikasi xbmcRemote, jadi tinggal kita unduh.

Remote Raspbmc, Sumber: Appstore

Oiya, semua device diatas itu saling terhubung, entah itu via kabel atau nir-kabel. Berikut gambar topologinya.

IMG_0745

Bagaimana mereka saling terhubung.

Setelah raspbmc terinstall, kemudian saya hubungkan pi dengan kabel hdmi ke HDTV tadi. Gambar dan suara jernih bisa langsung nyempe ke HDTV. Hmm, tapi kurang maknyos rasanya bila suaranya hanya keluar dari TV, maka saya colokin tuh Speaker Edifier saya ke TV. Jegeerr, suaranya lumayan maknyus.

Untuk menonton film atau serial, bisa saja saya colokin langsung harddisk eksternal saya ke raspberry pi tadi, tapi ternyata powernya ngga cukup dan raspberry pi malah mati apabila  langsung dicolok harddisk eksternal. Maka saya putuskan saya pakai Macbook saya untuk jadi sumber data dan file film yang akan diputar tadi di-stream langsung dari macbook lewat protokol Apple Filling Protocol.

Sebenarnya banyak protokol yang didukung oleh raspbmc ini untuk menjadi sumber streaming-nya, seperti Samba dan NAS (Network Attached Storage), namun ketika NAS belum punya karena mahals dan Samba error mulu ketika dipake, maka jadilah AFP sebagai pilihan utama.

Raspbmc ini juga support AirPlay, jadi ketika memainkan lagu atau video di iTunes atau di iPhone saya, bisa langsung stream ke HDTV.. dan ditonton dengan layar yang gede.😀 Terakhir adalah printer. Jadi rencananya bagaimana printer saya bisa diakses via network oleh Macbook saya. Akhirnya saya paka CUPS, open-source printing system yang pake Internet Printing Protocol yang di install di raspberry pi tadi, jadi saya tinggal konfigurasi di Mac saya agar printer nembak ke IP Address raspberry pi-nya. Oiya, Printer dihubungkan via usb ke raspberry pi.

IMG_0747

TP-Link 3G Modem + Router

Untuk TPLink Modem Router tadi, saya gunakan sebagai Modem untuk akses ke Internet, Router sekaligus AP untuk akses wireless lokal (MacBook dan iPhone), dan raspberry pi terhubung denga TPLink tadi via kabel utp.

Segitu dulu.. nanti diupdate lagi pake gambar biar greget. hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s