Moda Transportasi Tasikmalaya-Bandung

Selama hampir 10 tahun ini saya telah berdomisili di Bandung, tetapi setidaknya setiap 2 bulan sekali selalu menyempatkan untuk kembali ke kota kelahiran saya yaitu Tasikmalaya.

Ada beberapa alternatif moda transportasi yang bisa digunakan dari Bandung menuju Tasikmalaya maupun sebaliknya. Pada postingan kali ini saya akan mengulas moda transportasi yang pernah saya gunakan, baik itu dari sisi kenyamanan maupun harga yang harus dikeluarkan. FYI, jarak antara Tasikmalaya dan Bandung itu sekitar 120 Km, dan waktu tempuh rata-rata sekitar 4 jam.

Yang pertama adalah dengan moda yang paling sering saya gunakan, yaitu Bus. Terminal Caheum merupakan terminal tempat dimana bus yang melayani rute dari Bandung ke Tasikmalaya ini berada. Bus-bus yang melayani rute ke Tasikmalaya diantaranya adalah Bus Budiman, Bus Malam tujuan Yogya yang melawati Tasikmalaya, Atau Bus Sony Prima yang tujuan Akhirnya di Singaparna (Kab. Tasikmalaya).

Bus Budiman

Untuk bus Budiman, bus ini merupakan satu-satunya bus yang khusus melayani rute Bandung-Tasikmalaya maupun sebaliknya (bisa dianggap monopoli ga sih?). Saat awal saya menggunakan bus ini (thn. 2005-2006), tiketnya berkisar antara Rp. 18.000 non-AC dan Rp. 20.000 dengan AC kemudian saat ini sudah mencapai Rp. 35.000 (Naik 75%) dan tidak tersedia non-AC. Bus ini jadwalnya setiap 2 jam sekali berangkat dari Terminal Caheum, mulai dari yang paling pagi pukul 04.00 dinihari sampai yang terakhir biasanya pukul 19.00.

Untuk tingkat kenyamanan, saya kira bis ini standar saja tidak ada yang istimewa dengan konfigurasi tempat duduk 2 – 2. Namun, berbeda dengan bus malam yang mempunyai konfigurasi kursi 2 – 3, saya kira bus budiman lebih baik. Maka dari itu, bus malam biasanya mempunyai harga tiket lebih murah sekitar 10%-20%.

Bus budiman ini tiap tahun selalu mengalami masalah kekurangan armada ketika puncak mudik atau balik. Yang terjadi biasanya penumpang menumpuk di Terminal menunggu bus yang tak kunjung datang. Kemudian ketika armada bus datang, para penumpang berlarian kayak zombie liat daging merah. serbuuuuu….. :p

Yang kedua adalah menggunakan jasa travel atau shuttle. Saat ini setau saya ada dua provider yang melayani rute Bandung-Tasikmalaya, yaitu Cipaganti (Shuttle & Door-to-door) dan Transrevo (Door-to-Door). Cipaganti shuttle berangkat paling pagi pukul 05.00, kemudian pukul 09.00, 13.00, dan 17.00. Untuk jenis ini biasanya perjalanannya lewat jalan Tol , dimana masuk dari pintu tol pasteur dan keluar di pintu tol cileunyi, sehingga perjalan lancar dan bisa memangkas waktu sekitar 30-60 menit dari biasanya.

Harga tiket yang ditawarkan saat ini adalah Rp. 70.000, namun saya selalu meminta potongan harga dengan menyertakan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan mendapatkan reduksi harga sebesar Rp. 10.000 (lumayan buat naik ojek). Untuk jenis berikutnya yaitu door-to-door baik dari cipaganti maupun dari transrevo, harganya lebih mahal namun bisa dianter sampe alamat rumah kita. Tetapi ruginya adalah apabila kita merupakan tujuan terakhir dianterin, maka waktu perjalanan kita jadi malah tambah lama. Harganya kalau tidak salah berkisar antara Rp. 90.000 – Rp. 120.000.

Cipaganti Travel

Yang ketiga ini adalah moda transportasi yang terakhir sering saya gunakan sebagai alternatif utama, moda ini mempunyai keunggulan yaitu kepastian waktu tempuh (terukur) dari pada menggunakan moda darat lainnya. Moda yang saya maksud adalah moda transportasi Kereta Api. Saya menggunakan kereta api biasanya memilih kelas ekonomi dan naik dari Stasiun Kiaracondong, harga tiket berkisar antara Rp. 35.000 sampai Rp. 55.000. Saya kagum dengan perombakan besar-besaran yang telah dilakukan oleh PT. KAI dan berimbas pada pelayanannya, dari mulai pemesanan tiket yang sekarang bisa dilakukan dengan online, ketertiban di Stasiun dan kenyamanan ketika perjalanan.

Kereta Api Serayu

Moda transportasi selanjutnya adalah dengan menggunakan mobil angkutan Elf, ya ini adalah moda paling murah menurut saya untuk menuju Tasikmalaya. Namun jangan ditanya bagaimana rasanya naik kendaraan ini. Hehehe…

4 pemikiran pada “Moda Transportasi Tasikmalaya-Bandung

  1. Tranzotto Shuttle sudah beroperasi melayani rute Bandung-Singaparna-Tasikmalaya. Dapatkan promosi menariknya.

Tinggalkan Balasan

